Minggu, 01 April 2012

3 makanan wajib di korea

. Kimchi (김치)
Kimchi adalah sayuran yang dibuat melalui proses fermentasi, rasanya gurih dan sedikit pedas. Bagi orang Korea, makanan ini adalah makanan yang wajib ada di meja makan, hampir tidak mungkin makan tanpa menyantap kimchi. Pertama kali mencoba makan kimchi sekitar dua tahun lalu, sewaktu berkunjung ke supermarket Korea Mu Gung Hwa di kawasan Blok S, Jakarta. Sejak itu jadi ketagihan karena rasa kimchi yang asam pedas ternyata enak buat dimakan bersama nasi.
Meskipun kimchi bisa ditemui di supermarket atau restoran Korea di Jakarta, saya penasaran dan ingin mencoba kimchi yang dibuat langsung di Korea. Apalagi banyak teman saya yang bilang bahwa rasa kimchi di Korea lebih mantap daripada yang dijual di sini. Di Korea pun ada banyak variasi kimchi yang bisa dicoba, mulai dari Kimchi Bumchigae (kimchi dadar), Yeolmu Kimchi (jenis kimchi yang populer di musim panas), Baek Kimchi (kimchi yang tidak terlalu pedas, banyak digemari anak-anak), Dongchimi (sup kimchi yang disajikan bersama buah pir Korea, populer di musim dingin), Kimchi Jjigae (kimchi favorit saya), dan masih banyak lagi. Lebih asik lagi kalau bisa mencicipi Kimchi di COEX Kimchi Museum, jadi sambil makan bisa sambil belajar sejarah dan cara pembuatan makanan ini deh :9
2. Samgyetang (삼계탕)
Sebagai penyuka segala jenis makanan yang terbuat dari ayam, Samgyetang menjadi makanan khas Korea yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner saya. Samgyetang adalah sup ayam ginseng khas Korea yang sangat terkenal karena rasanya enak dan memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.
Samgyetang biasanya disajikan pada saat musim panas di Korea. Di restoran-restoran Korea di Jakarta, menu ini banyak dijual. Namun, harganya cukup mahal dan bisa mencapai ratusan ribu untuk satu porsi. Mungkin karena harga ginseng yang mahal. Bila berkunjung ke Korea, terutama di bulan Juni saat musim panas, wajib mencoba Samgyetang.
3. Tteok
Pergi ke Korea Selatan tapi belum mencoba cemilan khasnya rasanya belum lengkap. Karena itu, Tteok (떡) juga masuk dalam daftar icip-icip. Tteok adalah kue yang dibuat dari bahan dasar tepung beras. Ada beragam jenis tteok di Korea, di Indonesia yang paling terkenal adalah tteokbokki (kue beras pedas) yang bisa ditemui di Mu Gung Hwa, Lotte Mart, maupun di restoran-restoran Korea. Sayangnya, saking populernya tteokbokki, jenis tteok lainnya jadi sulit didapat sehingga belum banyak penganan manis Korea yang saya coba. Kalaupun ada tteok jenis lain, biasanya dikemas rapi dalam kotak oleh-oleh yang harganya mahal.
Nah, kalau ke Korea nanti, saya ingin mencoba berbagai macam tteok yang selama ini hanya bisa saya lihat gambarnya di internet. Saya ingin mencicipi Gyeongdan, Jindallae hwajeon, dan Kkul Tteok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

teman blog

Blog Impi Mas Mur Blog's Blog SMP Darul-Hikmah Pakem Blog SMA Darul-Hikmah Pondok Darul Hikmah